Pesona Pantai Krakal

Salah satu pantai yang harus dikunjungi saat Anda ingin atau sedang melakukan kunjungan wisata pantai di daerah Kabupaten Gunungkidul adalah Pantai Krakal. Pantai Krakal memberikan semua hal yang dibayangkan sebagai sebuah panorama pantai.Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Krakal, terlihat keindahan pemandangan bukit-bukit kapur bersama bongkahan-bongkahan batu karang. Banyaknya bongkahan batu karang di sepanjang kiri kanan jalan menuju Pantai Krakal inilah yang dinamakan daerah Karst. Pantai Krakal sendiri terkenal sebagai pantai yang relatif rendah sehingga membuat sinar matahari menimbulkan cakrawala pantai.Pasir putih terhambar memanjang di tepian pantai.

Ada banyak aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Krakal. Misalnya Anda bisa bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai yang tak putus-putusnya dibawa oleh arus air dari samudera Australia. Sebuah aktifitas langka yang bisa Anda lakukan tentunya jika Anda bertempat tinggal jauh dari pantai. Krakal juga menawarkan aktifitas lain yang sangat menyenangkan yaitu mencari ikan hias di bibir pantai Krakal yang berlumut. Ada lagi aktifitas lain yang tak kalah menyenangkan bermain layang-layang atau sepakbola yang mempunyai panjang bibir pantai sepanjang 40.000 meter tersebut.

Mencari ikan hias

Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten atau 37 kilometer arah selatan dari pusat kota Kabupaten Gunungkidul. Pantai Krakal berada bersebelahan dengan Pantai Tliti yang berada di Kecamatan Tepus yang ditandai dengan bangunan batu berbentuk setengah benteng.

Di musim kemarau seperti saat ini, Pantai Krakal banyak ditumbuhi lumutDi musim kemarau seperti saat ini, Pantai Krakal banyak ditumbuhi lumut

Dalam kunjungan ke Pantai Krakal beberapa hari lalu, Jogjanews melihat beberapa orang berada di bibir Pantai Krakal membawa condet (Jawa: sesek kecil) dan seperti mencari-cari sesuatu dibalik lumut yang terhampar hampir sepanjang Pantai Krakal. Rupanya menurut salah satu pedagang yang juga nelayan di Pantai Krakal, Sawijo (47), beberapa anak muda tersebut sedang mencari ikan hias.

Menurut Sawijo (47), Pantai Krakal mempunyai banyak sekali jenis ikan hias yang biasanya akan muncul ketika air laut berada dalam situasi surut. Jenis ikan hias yang ada di Pantai Krakal antara lain kepe, bustum dan pogat yang mempunyai ukuran badan ikan besar serta ikan hias tliger yang kecil ukuran badannya.

“Ikan hias di Pantai Krakal ini akan muncul dengan mengikuti tanggal bulan. Maksudnya jika tanggal bulan berada di tanggal 1-2-3-4 atau saat air laut surut maka ikan hias akan banyak muncul.Namun jika pada akhir-akhir bulan nanti biasanya sedikit ikan hias yang muncul,” kata Sawijo yang menjajakan dagangannya di tepi Pantai Krakal.

Sepoi angin Pantai Krakal membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai KrakalSepoi angin Pantai Krakal membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Krakal

Sawijo menceritakan munculnya ikan hias berbarengan dengan kondisi bibir pantai yang mulai ditumbuhi lumut. Tumbuhan lumut akan muncul saat musim kemarau datang. Namun jika musim penghujan lumut akan menghilang karena terpaan air hujan.

Jika Anda ingin mencari ikan hias di Pantai Krakal ini, sudah disediakan condet atau sesek kecil yang bisa membantu Anda menangkap ikan hias yang bersembunyi di balik lumut. Tapi jika anda PD dengan kemampuan tangan kosong Anda menangkap ikan hias tersebut…silakan berburu.

Mencari batu karang

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Krakal adalah mencari batu karang untuk dijadikan bahan dasaran aquarium. Bagi nelayan di Pantai Krakal, mencari batu karang bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan mereka selain mencari ikan. batu karang ini didapatkan nelayan dari ombak air laut yang membawa patahan-patahan terumbu karang dibawah laut.

“Nelayan biasanya mengeringkan batu karang di tepi pantai dalam 1-2 hari agar bisa dijual untuk dasaran akuarium,” kata Sawijo.

Jadi, jika Anda mempunyai jadwal berlibur ke pantai bersama keluarga atau teman dekat, tak ada salahnya Anda pergi ke Pantai Krakal. Tak ada tiket masuk hanya uang parkir untuk kendaraan bermotor seharga Rp.2.000,00 serta uang untuk membersihkan badan Rp.1.000,00 saja.(The Real Jogja/joe)

Pengunjung Pantai Krakal sedang asyik mencari ikan hias dibalik lumutPengunjung Pantai Krakal sedang asyik mencari ikan hias dibalik lumut

source: http://jogjanews.com/2009/08/16/pantai-krakal-pantai-dengan-panorama-yang-mengagumkan/

About herihero

The world is too big to only know one place, we can learn so much more if we ask, observe and participate. There is no meaning to life, to know this well will liberate us, and allow us to do whatever makes us happy
This entry was posted in tourism object. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *